Persyaratan Pengajuan Kredit Top Up

Persyaratan Pengajuan Kredit Takeover KPR
May 12, 2015
Persyaratan Pengajuan Renovasi / Pembangunan
May 12, 2015

Persyaratan Pengajuan Kredit Top Up



Apakah saat ini Anda sedang mencari informasi mengenai Top Up KPR? Kalau benar, berarti Anda sudah berada di tempat yang tepat, kami akan memberikan informasi, tips, dan berita seputar KPR. Kami akan menginformasikan mengenai persyaratan kredit yang perlu Anda persiapkan untuk pengajuan KPR.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan Top Up KPR adalah:

  1. Copy KTP suami Istri
  2. Copy NPWP
  3. Copy kartu keluarga
  4. Copy surat nikah
  5. Pas foto terbaru ukuran 3×4
  6. Copy buku tabungan 3 bulan terakhir + halaman depan buku tabungan
  7. Copy surat keterangan kerja terbaru dari perusahaan
  8. Copy slip gaji 3 terbaru bulan terakhir
  9. Pengisian aplikasi pengajuan kredit bank
  10. Jika Anda berstatus wiraswasta, maka Anda wajib melampirkan surat ijin usaha (SIUP, TDP, NPWP perusahaan, akte pendirian dan pengesahannya), laporan keuangan 3 bulan terakhir.
  11. Biaya appraisal bank
  12. Copy sertifikat
  13. Copy IMB
  14. Copy PBB
  15. Rekening koran pinjaman 6 bulan terakhir

Untuk Top Up KPR pihak bank akan melakukan survey untuk menaksir nilai rumah yang akan dijaminkan, biasanya akan dikenakan biaya appraisal bank berkisar 500rb-1juta rupiah.
Rumah yang dijaminkan pun harus memiliki kriteria sbb:

  1. Bebas banjir.
  2. Jalan di depan rumah min 4 meter / lewat 2 mobil.
  3. Jauh dari kuburan.
  4. Jauh dari sutet
  5. Surat-surat lengkap (Sertifikat, IMB, PBB)
Berikut ini pejelasannya:

Bebas Banjir

Rumah yang dijaminkan ke Bank harus terbebas dari resiko banjir, karena sangat beresiko jika rumah tersebut susah dijual karena banjir. Coba Anda bayangkan apakah Anda ingin membeli rumah yang jika hujan deras melanda rumah Anda langsung terendam air?

Jalan Depan Rumah minimal 4 meter

Ketentuan ini juga berdasarkan analisa jika rumah tersebut dilelang, rumah didalam gang nilainya akan jatuh dibanding rumah di pinggir jalan besar. Disisi lain, kenaikan harga rumah juga sangat berbeda. Rumah yang berada di pinggir jalan kenaikannya lebih tinggi dibanding rumah didalam gang.

Jauh Dari Kuburan dan Sutet

Lagi-lagi alasan yang sama mengapa harus jauh dari kuburan dan sutet. Semata-mata karena nilai jual rumah akan turun atau susah laku jika dekat dengan dua hal diatas.

Surat-Surat Lengkap

Surat-surat yang dimaksud disini adalah sertifikat, IMB, PBB Asli. karena dokumen tersebutlah yang membuktikan secara legal bahwa rumah tersebut sudah dimiliki secara sah oleh pemiliknya. 
Bagaimana? apakah Anda masih ingin mengajukan Top up? Jika Anda membutuhkan simulasi cicilan silahkan klik disini Jika Anda ingin mengajukan pertanyaan kepada kami mengenai hal ini bisa klik form konsultasi gratis. Jika Anda ingin mengajukan kredit KPR kami bisa membantu dengan mengisi form pengajuan kredit.



81 Comments

  1. Saya kredit perumahan KPR udh berjalan 3than…sisa kisaran 60jt..saya butuh dana utk renovasi finising rumah…saya pengajuan Top Up sebesar50jt
    Apakah syaraynya harus sudah pindah di rumah yg baru?
    Klo blm gmn y biar lolos…

  2. Tidak perlu pindah rumah pak. Yg penting nilai rumah saat ini sudah naik. Jadi pinjamannya bisa di top up

  3. saya mengajukan top up ke bank BTN, tapi udah 1 bulan lebih dari proses apraisal belum ada kabar lagi dari pihak bank, berapa lama ya prosesnya.
    terima kasih
    Damas-Karawang

  4. Pengajuan kredit biasanya 1-2 minggu sudah ada kabar pak. Coba bpk telpon ke marketingnya. Pastikan semua data2 sudah lengkap. Mungkin karena data yg bapak berikan kurang lengkap jafi lama sekali keputusannya

  5. Unknown says:

    Saya sedang mengajukan topup kpr di bank BRI, tgl 11-1-2017 dari marketing nya menyampaikan tinggal menunggu pemutusan saja, kira-kira berapa hari lagi realisasinya?

  6. Vindi Newabe says:

    Saya kpr rumah di btn dan ingin mengajukan top up ,tapi kondisi saya call 2 ..alasan top up saya ingin menyelesaikan masalah keuangan agar bisa menutupi kredit2 yg mngikat apakah bisa mas ?

  7. Saya kredit perumahan KPR baru berjalan 1 tahun, disini saya mau tanya,,, dengan kredit rumah yang baru seumur jagung itu dapatkah saya mengajukan top-up untuk perbaikan rumah? dan kisaran berapa yang disetujui. trimakasih.

  8. Top Up apakah kena biaya?
    Dan klo kena kisaran brp?

  9. Alkhalifi says:

    Saya kredit rumah dengan harga jual 99.000.000 dgan DP 20.000.000 dan angsuran kurang lebih 1.000.000/bln saya butuh dana untuk renovasi finising rmh, pengajuan sebesar 40juta, apa kah bisa kira….

  10. kena pak, kena biaya akad kredit bank lagi seperti awal bapak akad kredit.

  11. jika baru berjalan 1 tahun belum bisa pak. top up itu bisa dilakukan jika sudah diatas 3tahun. dan harga rumah saat ini sudah jauh lebih tinggi.

  12. sepengetahuan saya proses kredit itu +/- 2 minggu sampai dengan keputusan kredit keluar

  13. setahu saya belum ada bank yang bisa terima kol 2, rata-rata maunya lancar alias kol 1. tapi mungkin bank BPR lebih fleksibel. nanti saya cari tahu ya

  14. tergantung pak, info yang bapak berikan kurang lengkap jadi saya tidak bisa menganalisa

  15. Nababan19 says:

    Saya membeli 3 ruko seharga 1,7 M kredit melalui CIMB Niaga selama 10 tahun.. dan sekarang sdh berjalan 5 tahun 8 bulan.. dan selama pembayaran cicilan tdk pernah telat 1 hari pun,malah sblm jatuh tempo saya sdh melakukan pembayaran cicilan..
    Pertanyaannya :
    1.apakah saya bisa melakukan top up? Sdgkn ruko yg saya beli sdh dibobol menjadi 1,mulai dr lantai 1,2,dan 3 ?

    2. Apakah bisa saya menggunakan 1 sertifikat ruko saja ? Utk peminjaman sebesar 400 jt? Info dr orang bank 1 ruko saya skrg hrganya berkisar 1,3 M per unitnya..

    3. Berapa lama waktu yg dibutuhkan,dr mulai pengajuan sampai pencairan ?

    4. Seandainya di acc bank,apakah 400 jt bersih yg saya dapat? Apakah ada pemotongan ?

    5. Berapa kisaran biaya mulai dr asuransi,notaris dsb dgn pengajuan top up sbsr 400 jt ? Makasih sebelumnya pak..

    • Parjono says:

      Saya KPR ambil jangka 10 tahun sampe sekarang masih 3tahun lg,,,saya butuh dana 30 jt,apakah saya bisa top up lg ? Terimakasih

      • Admin says:

        mohon info tambahan pak, harga rumahnya saat ini sudah harga berapa pasarannya? dan berapa sisa pinjaman dibank? jika harga rumah sudah jauh lebih tinggi, bapak bisa ajukan top up di bank tersebut. atau ajukan takeover ke bank lain.

  16. Unknown says:

    Maaf saya numpang reply ini, gak tau cara komen lewat akun fb.. Eror mulu pak.. Mau tanya.. Saya wahyu di jogja.
    Saya kredit Kur BRI bulan september 2016 sebanyak 60jt, 4th, angsuran 2.3jt/bln..angsuran lancar sampai bulan ini, Jaminan sertifikat rumah kira2 harga 150jt.. Apakah saya bisa top up pinjaman sya, kira2 bulan maret saya butuh tambahan modal usaha.. Saya ingin ambil 100jt.. Mohon pencerahan mslah prosedur dan bisa tidaknya permohonan kredit saya tersebut.
    Atas infonya sya ucpkan trima kasih.
    Email :triwahyustudent1@gmail.com

  17. 1. Maaf saya belum bisa menjawab pertanyaan ini karena saya belum pernah menangani kasus seperti bapak. Akan saya cari tahu dulu ya pak.
    2. Jika ruko harga 1,3M sangat bisa mendapatkan pinjaman 400jt.
    3. Proses ktedit 2 minggu
    4. Tidak dipotong. Tetapi bpk harus mempersiapkan biaya2 untuk akad kredit
    5. -/+3-4% dari kredit yg disetujui.

  18. Nababan19 says:

    Makasih pak.. sehat selalu..

    • Siti kholipah says:

      Saya mau mengajukan top up apakah bisa ansuran saya 15 thn dan kurang 7thn lg apakah saya bisa melakukan itu..saya butuh dana 40 juta untuk melunasi hutang2 saya yg tersisa ,..apakah bisa

      • Admin says:

        bisa bu, top up bisa dilakukan dengan catatan harga rumah sudah lebih tinggi dari sejak awal. karena ibu hanya dapet pinjaman sebesar 80% dari harga rumah dikurangi sisa hutang. dengan catatan hutang2 ibu ditempat lain lancar. tidak ada yang macet.

  19. Fandi says:

    Saya ingin mengajukan top up di bank BTN sebesar 200 juta dan diangsur selama 10 Tahun.
    Berapa besarnya angsuran per bulannya ya Pak ?

  20. Saya ada rencana Top Up di KPR BTN.
    Outstanding 250jt. Mau top up ke 300jt.
    Kebutuhan Renovasi Rumah di Tangerang.
    Boleh tau bunga saat ini?
    Atau mas bisa bantu? Minta Contact Person klo bisa.. trims

  21. mau tanya ni rencana saya mau topup karena saya udah 5 tahun kreditnya
    yg mau saya tanya
    1. biaya apresial itu berapa ya
    2. biaya apresial udah termasuk akad kredi apa blm
    3. biaya akad kreditnya berapa

  22. Siang bpk..mau nanya,saya kpr bank btn sudah berjalan 5th..mau mengajukan topup bisa gak ya pak.mksh

  23. coba pak di cek dulu arikel saya tentang pengajuan top up, karena ada kondisi yang harus dipenuhi dulu sebelum mengajukan top up http://konsultasi-kpr.blogspot.com/2017/02/4-syarat-utama-mengajukan-top-up-kpr.html

  24. 1. biasanya mulai dari 300rb-1jt rupiah tergantung pinjamannya
    2. belum termasuk
    3. bisa cek disini untuk mengetahui biaya akad kredit: http://konsultasi-kpr.blogspot.com/2016/11/biaya-biaya-akad-kredit-bank.html

  25. harga rumah sekarang berapa pak? sudah jalan berapa tahun? coba cek ini dulu pak:

    http://konsultasi-kpr.blogspot.com/2017/02/4-syarat-utama-mengajukan-top-up-kpr.html

  26. kurang lebih 2,5jt pak untuk 10thn

  27. Met Pagi.Mau nanya nih kalo untuk top up di bca maksimal kpr berjalan berpa tahun?

  28. Unknown says:

    Sy ibu rumahtangga PNS gol 3b, sebelumnya sdh prnh kredit multiguna d BNK Jatim 100 JT utk 10 th. Saat ini adalah thn ke empat cicilan sy, sy brmksud ingin top up utk renovasi,, apakah kira2 sy bs top up 50 JT lg, mengingat cicilan sy yg msh 6th lg lunasnya??

  29. Kalo kpr di Bri udah jalan 2 th bisa ga YA untuk top up

  30. Vandit Ptk says:

    Suami saya mau top up rmh di bank btn…ud 43x cicilan selama 10 thn…. Selama cicilan tdk pernah ad keterlambatan pembyran. Tp kami ad cicilan mtr, apakah bisa mengajuan top up rmh pak, mohon penjelasannya

  31. Yeni Nguyen says:

    Saya ada rumah di villa gading harapan. Masa cicilan sdh habis tp blm saya bayarkan. Rmh dlm lelang di btn bekasi. Krn saya hrs membyrkan 10jt utk pelunasannya. Saya bisa apa tdk mengajukan top up utk pelunasan rmh saya. Dan saya ingin merenovasi rmh.kalalo bisa bagaimn caranya? Trimksh

  32. Anonymous says:

    Malem pak, klo saya mau mending TopUp atau takeover ya, masalahnya pembayaran Kpr saya sering telat.

  33. Unknown says:

    Met Pagi, semua cicilan saya lancar.

    Di Bank Niaga saya ada cicilan:
    1. KPR sudah 8 thn dr tenor 10 thn. Saat ini rumah saya nilainya berkisar 700 jt
    2. KTA baru berjalan 4 bulan.

    Di bank mandiri saya punya cicilan:
    1. KTA sudah berjalan 1,5 tahun

    Di ACC (kredit mobil) cicilan:
    1. Kredit mobil berjalan 15 bulan dr 36 bulan

    Pertanyaan:
    1. Apakah saya bisa dapat dana top up KPR dari bank niaga tanpa melunasi yang lain?
    2. Jika saya take over ke bank mandiri, apakah saya wajib melunasi yang lain?

  34. malam pak, kalau sering telat susah pak, top up / takeover sama-sama sulit karena bank menilai karakter bapak dalam pembayaran cicilannya

  35. maaf bu yeni, kalau rumah sudah dalam status dilelang sepengetahuan saya sudah tidak bisa lagi mengajukan top up bu. hal ini harus diselesaikan langsung kepada pihak bank, jika tidak ibu akan kehilangan rumah tersebut

  36. Pagi Pak, Saya mau top up agunan rumah tapi masih proses SHM dokumennya. Apakah boleh?

  37. Unknown says:

    halo mas, saya ada cicilan KPR di Bank BTN saat ini sudah berjalan 2 tahun. untuk nilai taksirnya saya lupa(mungkin sekitar 120jutaan dan saya sudah melakukan deposit kurang lebih 35 juta). tapi cicilan saya perbulannya 1,2 juta tiap bulan selama 15 tahun. Jika saya ingin mengajukan Top UP sebesar 80juta apa ada kemungkinan di acc? terima kasih untuk kesediannya membalas pertanyaan saya 🙂

  38. Siang pak..Apakah pengajuan topup harus d bank pd saat kita akad..bisa ga di bank terdekat..soalnya waktu itu sy akad d bekasi sedangkan lokasi rumah d karawang mksh pak

  39. maaf bu gak bisa, harus tunggu selesai dulu prosesnya

  40. sepengetahuan saya untuk pengajuan top up bisa dicabang manapun, selama ada marketing kreditnya

  41. sepertinya nilai rumah bapak belum terlalu tinggi, sisa pinjaman di btn berapa?

  42. Halo mas saya mau tanya" saya masih ada cicilan KPR sekitar 120 juta lagi" saya mau mengajukan top up sektar 100 jt an pasaran rumah saya saat ini 600/700jt an' aoa bisa saya mengajukan? Tks admin

  43. Rumi Ati says:

    Saya memiliki cicilan kpr tinggal 3 tahun lagi tersisa 21 juta. Saya ingin mengajukan top up senilai 100 juta apa kah bisa. Terima kasih

  44. agus untoro says:

    Halo mas,kalau dlam pembayaran kpr tidak lancar susah ya untuk mengajukan top up,sy sudah berjalan 7 tahun dan sisa kpr saya sekitar 27 juta,bagaimana ya mas,mohon info nya

  45. nah itu yang susah pak agus, karena setiap bank pasti melaporkan kredit yang tidak lancar ke bank indonesia, sehingga bank lain juga bisa memantau karakter bapak, jika sudah menunggak maka akan sulit mendapatkan pinjaman lagi

  46. bisa bu rumi, selama sesuai dengan persyaratan pengajuan top up

  47. bisa pak encep, silahkan baca-baca lagi ketentuan pengajuan top up di blog ini.

  48. Hallo pak,

    Saya Gunadi, memiliki KPR sisa hutang pokok 50jt (sdh berjalan 7thn dari 10th kpr) dan mau Top Up 60jt. Bagaimana perhitungan cicilannya..apakah dihitung ulang setelah penambahan hutang atau ada perhitungan bunga tambahan.
    Mohon informasinya pak, thanks yah

  49. Unknown says:

    Saya mau top up
    Kredit rumah saya baru berjalan 1 tahun 5 bulan
    Apakah saya bisa pinjam 50 jt???
    Untuk keperluan renovasi

  50. Olga Keevan says:

    Suami saya beli rumah yg ditempati dgn KPR BTN tp sdh lunas sejak tahun 2000 yg lalu kebetulan rumah tdk pernah kami tempati dan baru akan ditempati ttp kondisi rumah butuh renovasi .. apakah dgn kondisi seperti ini kami masih bisa mengajukan refinance dr BTN atau gimana pak ?? Mhn pencerahan?

  51. Olga Keevan says:

    Hallo pak…

    Saya mau nanya ttg refinance BTN .. kebetulan suami saya beli rumah ini dgn KPR BTN dan sudah lunas dr thn 2000 lalu .. ktn lama ga ditempaylti jd rumah butuh renovasi .. apakah kami bisa mengajukan refinance dr BTN?

  52. Olga Keevan says:

    Suami saya beli rumah yg ditempati dgn KPR BTN tp sdh lunas sejak tahun 2000 yg lalu kebetulan rumah tdk pernah kami tempati dan baru akan ditempati ttp kondisi rumah butuh renovasi .. apakah dgn kondisi seperti ini kami masih bisa mengajukan refinance dr BTN atau gimana pak ?? Mhn pencerahan?

  53. Apakah bisa bantu proses top up? saya memenuhi syarat2 yang di sebutkan. terimakasih

  54. @Olga Keevan,

    bisa bu, ibu bisa mengajukan refinance untuk renovasi rumah tersebut. jaminannya adalah sertifikat rumah yang direnovasi itu.

  55. Maaf pak saya mau tanya.apakah pengajuan top up menggunakan aplikasi lama.atau aplikasi baru

  56. Unknown says:

    Halo Pak,

    Saya mau tanya, sy kredit KPR rumah sdh berjalan 8thn dari 15 thun cicilan dengan sisa pokok hutang 35jt lalu saya butuh dana untuk keperluan lain,apakah saya bisa top up untuk mendapatkan dana tersebut.
    terimakasih

  57. Unknown says:

    Saya kur bri baru berjalan 6bulan dan masa angkat kredit 24th sebln 1,6jtan kira bisa tuk pengajuan topup brinya

  58. @Unknown,
    selama 8 tahun itu bapak pernah macet gak pak? jika pernah macet kemungkinan sulit untuk ditop up, jika pembayaran sebelumnya lancar biasanya lebih mudah untuk melakukan top up.

    @dieteang,
    pakai aplikasi baru pak. pengajuannya top up.

  59. daement cute says:

    Mas sanrio

    Saya mau top up tp no marketing bni nya ga tau
    Apa bisa d bantu

  60. ahuss says:

    halo pak..

    Saya mohon info untuk top up di Bank BRI.
    Sisa KPR skitar 77 juta.. saya mau top up dengan menambah pinjaman skitar 400juta dengan cicilan 20 tahun (promo flat 5 tahun 8.15%).
    Yang ingin saya tanyakan..

    1. berapa kira2 dana yg harus saya siapkan untuk biaya2 akad dll.. (mohon breakdown apa2 saja item biaya yg dikenakan)

    2. apakah saya hanya menyiapkan dana tersebut diatas atau saya akan dikenakan biaya lain kah (misal penalty, biaya survey, dsb)

    3. apakah bisa saya membayar biaya2 tersebut dengan menggunakan dana pinjaman saya jika sudah cair nanti?

    4. apa yang menetukan batas plafon saya? apakah nilai agunan atau jumlah penghasilan?

    Terimakasih sebelumnya.

  61. Assalamu alaikum,saya udah 3tahun ambil kpr sisa 17 tahun alhamdulillah tuk pembayaran saya terkadang menyimpan 1bulan sebelumnya maksimal sebelum tanggal pendebetan alias tidak macet kira2 saya bisa ajukan top up tidak?cicilan saya 737.800/bln sisa 17thn lagi dan kira2 bisa top up berapa kisarannya? harga jual rumah saya tempo hari 94jt 500rbu kalo yang sekarang di bank yang sama 120jt(36/60) itu dengan type yang berbeda dengan saya..type rumah saya 36/72

  62. Ismail Feny says:

    Saya mau top up KPR subsidi di btn…sudah berjalan 2 tahun 4 bulan…OS saya 93 jtan…kondisi rumah sudah renovasi…tp saya ada pinjaman konsumtif juga di bank lain baru 3 bulan…apa saya bisa mengajukan top up??

  63. Mohon pencerahannya, sy pns, th 2014 sy pinjam bank sumut 100jt, dg cicilan 1,7jt.. yg sy mau tanyakan apakah sy bs menambah pinjaman lgi dg cicilan tetap,? Berapa jumlah yg sy bs dapat dg cicilan tetap dan kembali mjd 10thn lgi?

  64. Unknown says:

    Saya mau tanya kalau kredit bjb saja sudah berjalan -/+ 5 tahun, kol 1 pertanyaan saya
    1. apakah akan di lakukan bi checking ulang?
    2. Apabila pasangan kita terkena bi checking masih bisakah saya tu op KPR?

  65. @unknown,
    1. pasti dilakukan bi checking ulang
    2. tidak bisa, harus diselesaikan dulu masalah tunggakan pasangannya. setelah selesai baru diajukan lagi.

    @herami,
    untuk mengajukan pinjaman lagi sangat tergantung dari kebijakan bank, nilai jaminan, dan repayment capacity ibu.

    @ismail,
    apakah gajinya masih mencukupi? kalau gaji masih mencukupi saya rasa bisa dicoba. tapi kalau hutang sudah diatas 30% dari gaji, maka akan sulit mendapat pinjaman lagi

    @nesya,
    pengajuan top up sangat tergantung dari kebijakan bank, dan nilai jaminannya. kalau baru 3 tahun rasanya nilai jaminannya belum bertambah. karena bank pasti akan survey ulang. dan juga tergantung dari gaji saat ini.

    @ahus,

    1. biaya akad sekitar 5% dari plafon kredit yang disetujui bank
    2. silahkan search artikel disini dengan judul biaya yang diperlukan untuk akad kredit bank
    3. tidak bisa. biaya survey biasanya diminta diawal pengajuan.
    4. plafon kredit maksimal adalah 70-80% dari nilai jaminan rumahnya. disesuaikan juga dengan gaji.

  66. Unknown says:

    Assalammmualaikum..pak sy mau tanya kpd pohak bri.saat ini saya sdng mngajukan topup d bri.tp knp ya ko smkin bnyak tetek bngek nya.pke mnta fota bpk sy yg d medan..pd hal usaha udh d survei lagi..sy jg sdh mnlngkapi prsyaratan yg d ajukan tp ko prmintannya mkin bnyak lg..

  67. @unknown,
    biasanya kalau minta foto ayahnya bapak, ada hubungannya dengan kepemilikan usaha. usahanya atas nama ayah bapak bukan? kalao usaha pribadi tidak ada hubungannya dengan ayah kok.

  68. Unknown says:

    Pak saya mengajukan kur bri dalam waktu 12 bulan dan sudah berjalan 6 bulan. Selama ini pembayaran lancar. Apakah bisa saya lunasi sekarang kemudian mengajukan pinjaman lagi?

  69. bisa saja pak. coba bapak hubungi kembali sales nya.

  70. fallahudin says:

    saya mau tanya masalah top up..Btn..saya udah d acc..pengajuan top up.!bahkan saya mengajukan tenor 5 thn..d acc 6 thn..tapi setelah saya..follow up.ternyata tenor berubah jadi 10 thn..saya keberatan..saya cancel..apa boleh.?

  71. Novalina Prihatiningtyas says:

    Maaf mau tanya..
    Saya pengajuan top up di btn tgl 21 okt 2019, baru di appraisal 2 minggu dari tanggal diatas.. Yang saya tanyakan kira2 berapa lama lagi untuk proses sampe akad? Karena sdh hampir 1bln
    Terima kasih

    • Admin says:

      jika data sudah lengkap, biasanya proses KPR -/+ 2minggu. coba ditanyakan ke sales bank nya bu, khawatir ada kurang data jadi prosesnya lama.

Leave a Reply to Rumi Ati Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *