Mau tau cara pinjam uang di bank agar disetujui? Ingat 5C.

Cara-Melakukan-Over-Kredit-Rumah-yang-Aman
Cara Melakukan Over Kredit Rumah yang Aman
August 13, 2018
Bunga-Floating-Vs-Bunga-Fixed-KPR
Bunga Floating Vs Bunga Fixed KPR
August 13, 2018

Mau tau cara pinjam uang di bank agar disetujui? Ingat 5C.

Mau-tau-cara-pinjam-uang-di-bank-agar-disetujui-Ingat-5C.

Mau-tau-cara-pinjam-uang-di-bank-agar-disetujui-Ingat-5C.

Mau tau cara pinjam uang di bank agar disetujui? Ingat 5C. Ada 5 hal yang harus diperhatikan oleh para pebisnis jika ingin mengajukan pinjaman ke bank. kelima hal itu biasa disingkat dengan sebutan 5C.

Character

bank biasanya akan meliat track record seseorang atau badan usaha. Kalau anda pernah pinjam ke bank atau punya kredit cicilan rumah atau kendaraan, selama track record cicilannya masih bagus, tepat waktu bayarnya, tidak pernah menunggak cicilan, itu akan bagus di mata bank. inilah yang nanti disebut BI checking.
Bank akan melihat history dari calon peminjam rekeningnya positif apa negative, bisnisnya gimana, bagus apa jelek, dan hubungan dengan supplier dan customer.
 

Capacity

Bank akan melihat kapasitas dari usaha pebisnis ini. Sekuat apa kapasitasnya di pasaran. Kalau kapasitasnya bagus, peusahaan pasti sudah punya customer base sendiri. Perusahaan seperti ini bank akan dengan mudah memberikan pinjaman kredit.
Kapasitas di sini itu termasuk juga kapasitas produksi, ketepatan pengiriman barang, dll. Dari capacity ini bisa dilihat kemampuan orang atau badan usaha itu bisa mengembalikan pinjaman dari bank atau tidak.
 

Capital.

Capital adalah seberapa besar modal bisnis yang akan dijalankan. Dari capital itu bank bisa memperkirakan modal yang butuhkan adalah sekian, sehingga bisa ditentukan suatu perusahaan bisa mendapat pinjaman seberapa besar.
Contoh, misalkan Anda punya bisnis kue yang modal awalnya cuma 2 kompor. kemudian ingin buka cabang di luar kota,
berarti untuk memenuhi target expansi usaha itu Anda butuh tambahan dana untuk beli kompor bukan?
Nah disitulah bank akan menjadi partner bisnis untuk meraih kesuksesan, tetapi biasanya bank juga tidak memberikan pinjaman 100%. Kenapa?
Karena bank ingin memberikan sense of belonging para pebisnis untuk lebih bertanggung jawab dalam kewajibannya dalam mengembalikan modal usaha yang sudah dipinjamnya.
 

Collateral.

Collateral ini adalah jaminan yang diberikan oleh peminjam kepada bank. Nilainya itu bisa sama atau lebih tinggi dari nominal yang akan diberikan oleh bank.
Kenapa bank butuh jaminan disetiap peminjamannya? ini berhubungan dengan sense of belonging.
Ya, ketika kita menyimpan harta kita di bank sebagai jaminan, maka sense of belonging kita akan tumbuh. Dengan kata lain, anda pasti akan berusaha untuk melunasi pinjaman tersebut tepat waktu.
 

Condition

Condition adalah kondisi ekonomi yang sedang berlangsung pada saat pengajuan pinjaman diproses. Kita ambil contoh Anda punya bisnis yang kuat terhadap kondisi ekonomi seperti jual sembako, usaha sembako yang ter-management dengan baik biasanya sangat mudah untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari bank.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *