Cara Mengajukan Pinjaman Ke Bank



6.-Pinjaman-Jaminan-Sertifikat-Rumah
Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah
March 29, 2020
8.-Jenis-jenis-Pinjaman-Syariah
Jenis-jenis Pinjaman Syariah
March 31, 2020

Cara Mengajukan Pinjaman Ke Bank

7.-Cara-Mengajukan-Pinjaman-Ke-Bank

7.-Cara-Mengajukan-Pinjaman-Ke-Bank



Cara Mengajukan Pinjaman Ke Bank. Mungkin anda pernah dihadapkan dengan masalah-masalah yang mengenai kebutuhan hidup atau memerlukan biaya tambahan, misalnya untuk reparasi kendaraan, tambahan dana untuk pendidikan anak dan lain sebagainya. Nah, pada saat seperti ini pasti hal yang paling pertama untuk dilakukan adalah meminjam uang ke orang terdekat atau lembaga bank.

 

Beberapa orang akan meminjam uang biasanya pada saudara atau mungkin orang terdekatnya. Namun, adapun warga masyarakat yang biasanya meminjam uang melalui pihak bank. Apabila anda ingin pinjam uang di bank, maka pastikan anda sudah mengecek status finansial, bahkan usahakan anda menyesuaikan dengan produk yang diperlukan.

 

Selain itu, anda juga harus memperhatikan bunga pinjaman sebelum pihak bank menyetujui pinjaman anda, dan anda juga harus memastikan bahwa kolektibilitas kredit dalam keadaan yang baik. Mungkin bagi orang awam belum mengerti dengan cara mengajukan pinjaman ke bank, tapi tenang disini kami akan menjelaskan tentang cara untuk mengajukan pinjaman ke bank. Berikut dibawah cara-caranya.

 

  1. Pastikan Anda Sudah Mengetahui Tentang Persyaratan Bank Tersebut

Perlu diketahui oleh anda bahwa tidak semua lembaga bank memiliki persyaratan yang sama. Oleh karena itu, sebelum anda meminjam uang terhadap bank tersebut, maka alangkah baiknya anda mencari tahu informasi mengenai dokumen atau persyaratan yang disediakan oleh bank itu sendiri.

 

Cobalah untuk menghubunginya melalui Call Center, website resminya dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar anda bisa menghemat waktu saat meminjam uang di bank tersebut. Dengan demikian anda bisa menjadi lebih mudah dan tidak merasa kebingungan dalam memenuhi persyaratan dari bank tersebut.

 

  1. Lengkapi Persyaratannya

Seperti apa yang sudah dibahas diatas tadi, dimana setiap mempunyai persyaratan yang berbeda. Namun, pada umumnya persyaratan dari berbagai jenis bank yang ada di Indonesia terdapat dua persyaratan utama. Seperti apa persyaratan tersebut? Nah, berikut dibawah inilah yang merupakan dua persyaratan tersebut.

  • Yang pertama biasanya pihak bank akan memastikan bahwa anda adalah WNI atau Warga Negara Indonesia
  • Sedangkan untuk persyaratan yang kedua adalah anda harus berusia kurang lebih 21 tahun

Selain kedua persyaratan yang ada diatas, bank biasanya juga akan mensyaratkan beberapa hal yang seperti ada dibawah ini.

  • Khusus untuk produk KMG, persyaratannya adalah dokumen penyerahan anggunan atau jaminan
  • Surat Keterangan Domisili
  • Fotocopy Akta Nikah
  • Fotocopy Slip Gaji (biasanya beberapa bank akan menetapkan jumlah nominal dari gaji anda, dengan begitu pihak bank akan memperbolehkan untuk meminjam uang)
  • Fotocopy NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Fotocopy Rekening Koran atau Buku Tabungan
  • Fotocopy KK atau Kartu Keluarga
  • Fotocopy KTP atau Kartu Tanda Penduduk

 

  1. Ajukan Pinjaman Uang Terhadap Bank Tersebut

Jika anda telah melakukan beberapa hal yang ada diatas, maka selanjutnya anda dapat melakukan pengajuan terhadap pinjaman uang di bank tersebut. Pengajuan pinjaman pada bank bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu bisa mendatangi bank secara langsung atau secara online. Nah, jika anda mempunyai waktu dan ingin mengajukan pinjamannya, maka anda bisa datangi bank tersebut.

 

Setelah anda sampai dibank tersebut, maka langkah selanjutnya anda akan diarahkan oleh petugas bank ke Customer Service, melaluinya anda akan dibantu proses pengajuan pinjaman. Akan tetapi jika anda tidak mempunyai waktu untuk melakukan pengajuan ke bank secara langsung, maka anda dapat melakukannya dengan cara yang online melalui Finansial Aggregator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *