Ini Perhitungan Penting Dalam Membangun Rumah

Kaum millennial artinya salah satu generasi yg dikhawatirkan akan susah menabung uang pribadinya untuk keperluan papan atau tempat tinggal. Baik itu membeli aatau membangun, generasi ini identik dengan gaya hidupnya yg mempunyai pengeluaran diatas rata-rata serta kesulitan dalam menabung.

Nah, butuh ditumbuhkan kebiasaan menabung sedari umur 20an untuk mewujudkan impian membangun rumah pribadi. Berikut 5 perhitungan yg butuh diketahui dalam membangun suatu rumah.

Biaya Untuk Tenaga Kerja

Di Indonesia, ada 3 sistem pembayaran yg berlaku dalam membangun rumah, yakni sistem harian, sistem borongan jasa, serta sistem borongan penuh. Setiap model pun mempunyai plus serta minusnya masing-masing. Untuk sistem harian, biayanya kurang lebih Rp100-150 ribu per harinya, sistem harian sangat pas untuk Kalian yg mengharapkan yg akan terjadi akhir yg mendekati sempurna, sebab memungkinkan untuk melakukan perubahan di tengah jalan, tetapi kekurangannya pasti memakan waktu serta anggaran yg tak sedikit.

Untuk sistem borongan jasa, memakan anggaran Rp600-800 ribu per meter perseginya. Keunggulannya, Kalian dapat menghemat dari bahan material yg dibeli terpisah, tetapi beresiko memperoleh bahan bangunan yg berkualitas standar serta yg akan terjadi jadi yg terlihat terburu-buru.

Model terbaru artinya sistem borongan penuh, biayanya lebih mahal, Rp3-5 juta per meter peregi. Namun, Kalian tak butuh repot-repot memikirkan bahan bangunan sebab telah tergolong dari apa yg disediakan oleh pemborong.

Biaya Luas Tanah

Yang selanjutnya wajib diperhitungkan artinya anggaran tanah. Jika Kalian berencana membangun rumah dengan ukuran standar semacam jenis 21, jadi minimal Kalian wajib mempunyai tanah seluas 6 x 10 meter, atau 60 meter persegi. Selanjutnya, pertimbangkan kawasan dimana Kalian akan membeli tanah, terus dekat ke sentra kota, terus mahal pula harga tanah per meternya. Untuk perbandingan, harga tanah di sentra kota berkisar 4-7 juta per meternya, jadi Kalian wajib menyiapkan budget untuk tanah minimal 240 juta untuk tanah di tengah kota.

BACA JUGA:  Mengetahui Apa Itu BI Checking?

Jika mengharapkan harga tanah murah, bergeserlah agak jauh dari sentra kota. Harga tanahnya pun lebih murah, mulai dari 1-3 juta per meternya. Berarti, Kalian hanya butuh menyiapkan uang sebesar 60 juta untuk tanah di pinggiran kota.

Biaya Bahan Baku Yang Digunakan

Salah satu faktor yg terpenting dalam membangun rumah artinya menyiapkan bahan baku untuk rumah tersebut. apabila Kalian meilih sistem kontraktor yg memperkenalkan jasa saja, Kalian wajib pintar-pintar dalam mencari bahan bangunan paling baik dengan harga paling ekonomis. Mulai dari semen, pasir, serta cat. Tips untuk memperoleh harga paling baik adalah, beli semua bahan bangunan dalam jumlah tak sedikit dalam satu waktu, jadi Kalian akan memperoleh harga grosir yg mana lebih terjangkau dibanding membeli satuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.