Persetujuan-KPR-Saya-Kok-Bisa-Turun-Plafon
Persetujuan-KPR-Saya-Kok-Bisa-Turun-Plafon

Persetujuan KPR Saya Kok Bisa Turun Plafon (Tidak Sesuai Dengan Pengajuan Awal) ?

 

Anda Sedang Mencari KPR yang bagus?

Disini Anda bisa mendapatkan Informasi Bank Pemberi KPR yang Mudah Approve dan Ber-Bunga Murah,

Melalui link dibawah ini:

Nama*: Arif
Alamat*: Jl. lele 6 No 270
Email*: arifsudarman***@gmail.com
Nomor Telepon*: 0817683***
Informasi Pekerjaan/Pekerjaan*: Karyawan kontrak
Nama Perusahaan*: Jaddi foods
Informasi Pendapatan/Pendapatan*: Karyawan – Gaji diterima transfer via bank
Nominal Gaji*: Rp.7.200.000,-
Cicilan Bulanan Lain-lain*: No
Jenis Kredit/Mengenai*: Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
Keterangan*: Selamat malam Pak. Saya ingin menannyakn perihal KPR. Pihak developer kami mengajukan KPR ke bank BNI sebesar Rp.318,000,000 dan yang di setujui hanya sebesar Rp.301,000,000,- sehingga kami harus membayar sisa yang tidak di acc kepada developer sebagai penambahan DP. Total gaji saya dan istri Rp.11,000,000,-

Yang ingin saya tanyakan:apakah ini akal-akalan developer untuk bayar cash atau memang seperti itu prosedurnya, dan apakah saya dapat menanyakan langsung ke bank BNI terdekat mengenai KPR saya tersebut, mohon infonya Pak makasih.

Jawab:

selamat siang Bpk Arif,

Sebelum menjawab pertanyaan bapak, saya akan jelas terlebih dahulu bagaimana proses pengajuan kredit bapak sejak developer menyerahkan kepada bank. Setelah bank menerima berkas pengajuan bapak, bank akan menginput nilai KPR yang diajukan. Karena bapak beli melalui developer biasanya tidak akan ada masalah dalam menetapkan nilai KPR yang diajukan, karena pihak bank sudah melakukan kerjasama dengan developer sehingga harga rumah nya juga akan mengikuti price list di surat persanan yang bapak tanadtangani.

Kemudian setelah itu bank akan melakukan verifikasi penghasilan bapak, apabila penghasilan bapak DINILAI CUKUP untuk mendapat plafon kredit yang diajukan maka bapak akan mendapat persetujuan kredit full plafon atau nilai persetujuan bank sesuai dengan nilai pengajuan kredit diawal. NAMUN jika penghasilan bapak DINILAI KURANG maka biasanya bank akan memiliki 2 pilihan yaitu apakah jangka waktunya diperpanjang (misal dari 10 tahun menjadi 15 tahun) atau nilai pengajuan kreditnya dikurangi (misal pengajuannya 500juta menjadi 450juta). pilihan tersebut akan diambil bank agar mendapatkan scoring yang sesuai dengan ketentuan bank.

Menjawab pertanyaan bapak, dari kasus ini, saya menduga bahwa penghasilan bapak kurang mencukupi untuk mendapatkan kredit sebesar Rp.318.000.000,- sehingga bank mengambil keputusan untuk mengurangi nilai persetujuan kreditnya. berdasarkan perhitungan saya dengan gaji 7,2juta bapak memang hanya akan mendapat pinjaman sebesar Rp.303.000.000,- untuk jangka waktu 20 tahun. (asumsi saya, mungkin penghasilan istri bapak tidak diakui oleh pihak bank, sehingga total gaji yang diakui hanya 7,2jt)  Jadi menurut saya hal ini bukanlah akal-akalan developer.

Bagaimana kita bisa yakin bahwa ini bukanlah akal-akalan developer? Bapak BERHAK untuk meminta SURAT KEPUTUSAN KREDIT (SKK) dari Bank yang menyatakan kredit bapak hanya disetujui sebesar Rp.301.000.000,- setelah menerima SKK, bapak bisa menghubungi pihak bank untuk mengetahui detailnya. Apabila pengajuan kredit bapak hanya disetujui sebesar Rp.301.000.000,- maka bapak wajib membayarkan kembali kekurangannya ke Developer sebagai penambahan DP. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat..

 

BACA JUGA:  Apakah Bisa Melakukan Takeover KPR Dari Bank BTN Syariah

60 comments

  1. Slmat malam sy mau menyakan soal turun plafon yg saya alami,
    Harga rumah 182.200.000,dan acc dr bank itu hanya 156.275.000,berti kan selisih dari angka tersbut adlah menjadi DP???
    Dan pengurngan dr jumlah diatas kurang lebih 25 jutaan,
    Sedangkan DP sy sudah lunas 35.710.000.
    Tapi dr pihak develpoer menjelaskan bahwa sy ada turun plafon 7.615.000.(pengjuan 163.000.000-156.275.000(acc dr btn)).
    Pertnyaan saya,dengan DP yg sudah sy bayarkan lunas dengan jumlah diatas,apa sy harus bayar plafon tersbut???pdhal selisih dr nilai diatas sudah tertutup oleh dp yg lebih besar?bahkan malah masih ada sisa.

    2. Mengenai tanda jadi yg ditentuin oleh developer senilai 1 juta,dan diawal sy suruh bayar 8 juta,dengan rincian,
    1 juta kuitansi asli dr developer,7 juta kuitansi dr pribadi marketing yg di terngkan oleh marketing ada penggantian data dr pihak pertma,ato bisa dibilang take over.
    Apakah ini akal2lan dr marketing??
    Jd total keslurhan uang yg telah sy bayar 43.710.000
    Belum berikut biaya lain2 dr BTN yg berjumlah 8.200.000.

    Seblumnya terma kasih…dan mohon pencerhanya

    • 1. saya agak bingung dengan penjelasan bapak, jika harga rumah 182,2jt dan DP bapak sebesar 35,7jt maka pengajuan KPR ke bank hanya perlu 146,5jt. sedangkan acc dari bank sebesar 156,2jt. hal ini sangat tidak masuk akal.

      2. jika kasusnya adalah pembelian unit secondary, maka bpk harus tanya dengan jelas, berapa sebetulnya harga rumah itu, karna disini bapak transaksi bukan dengan developer melainkan pemilik rumah pertama. Asumsi saya DP 35,7jt itu bukan dibayarkan ke Developer, tetapi dibayarkan ke pemilik rumah pertama.

      kesimpulan saya adalah bapak bukan beli rumah primary dari developer, melainkan beli rumah secondary dari dari pemilik pertama. oleh sebab itu sebaiknya diperjelas dulu, berapa DP yang sudah dibayar oleh pihak pertama ke developer? dan berapa DP yang harus bapak bayar ke pihak pertama?

      • Muhammad thaher

        Saya sudah booking rumah 1 juta,UM 8 jt,biaya proses 10jt ,totoal semua 39 jt,kurang 20 lagi u pelunasa. Dp.
        Harga jual rumah 168 jt
        Pinjaman dari bank 159jt
        Dengan cicilan. 1.262.106 (15th)
        Dapat info saya turun plafon ko bisa ,gaji saya 4.5oo.mohon penjelasan-y…..

  2. saya juga lagi bingung, ketika SP3, plafon saya penuh, tapi kenapa pas akad ada penurunan dan di haruskan ada penambahan DP.
    Harga rumah 330.000.000, yang diacc 310.000.000
    saya sudah DP 30.000.000,
    Booking : 2500.000
    notaris + admin+ matrai 9000.000 an
    yang saya bingung dari mana hitung2an penambahan DP ke developer ?
    karena kalau dihitung2 DP + acc bank sudah pas harga rumah
    administrasi lain2 itu diluar harga rumah dan menjadi tanggungan pembeli

    • @pak ali, sebaiknya diperjelas ke sales developer dan sales kpr banknya. Seharusnya bapak punya dokumen SURAT PESANAN rumah yang mencantumkan harga rumah, dp, dan sisa pelunasan KPR nya. kemudian jika disetujui oleh pihak bank, maka bapak juga pasti diberikan dokumen SURAT PERSETUJUAN KREDIT.

      Nah pastikan nilai persetujuan kreditnya sama dengan nilai sisa pelunasan KPRnya. Jika itu sama, seharusnya tidak ada penambahan DP.

      *note: bapak tetap dikenakan biaya akad kredit bank seperti: provisi, administrasi, asuransi, notaris dan lainnya.

  3. Siti Rahayu laela

    Saya sudah booking 1juta rumah subsidi harga rumah 158juta DP 5.080.000 rencana awal cicilan 1.237.000 15th tp kmrn ditelp dari developer akan turun plafon Krn usia suami saya 42 tahun gaji suami saya 3.500.000 kira2 klo turun plafon berapa Krn saya bingung maju maju atau mundur seblm bayar dp

    • halo bu siti,

      kalo menurut perhitungan saya, dengan gaji 3,5jt itu hanya bisa mendapat pinjaman sekitar 100juta. kemungkinan ibu harus tambah DP beberapa puluh juta lagi. asumsi saya sekitar 40jtan

      • Maaf ijin nanya saya sedang mengajukan KPR rumah subsidi di program KPR BTN subsidi SSB.. Harga jual rumah 166 jt plafon KPR hitungan developer max 157 jt saya DP dari develpoer 16,5 jt berikut biaya proses namun ada diskon 8,5 jt jadi DP yg saya hrs bayar di awal ke developer 8 jt dicicil 6x, untuk data pemohon saya belum pernah kredit barang apapun termasuk rumah subsidi gaji saya pokok 3,3 jt + tambahan 400 rb sebulan jadi 3,7 jt saya honorer masa kerja 11 tahun di instansi pemerintah daerah, usia saat ini 31 tahun, kira-kira ada tambahan plafon kah jika nnti di hitung oleh analis BANK BTN nya?? Mohon info dan cara menghitung nya pak/Bu
        Trims

      • Hai, admin. Mau tanya. Gaji 3,5jt/bulan, tidak ada tanggungan cicilan apapun, usia 37 tahun, utk KPR 151jt dg DP 8 jt kira2 akan acc brp? Trmksh

      • Kpr saya sdh sampai tahap kelima. Tinggal menunggu dana dr bank sama terima kunci.. apakah ditahapan ini, akan ada pembatalan.. atau pasti akan lanjut..

        Karna dari bank di infokan bulan depan saya sudah mulai angsuran awal

      • Kalo sdh ada biaya turun plafon ini. Artinya pengajuan sdh di acc kah? Tinggal terima kunci ya?

  4. Saya mau ambil kpr rumah dan gaji saya 4 jutaan
    Tapi saya mempunyai angsuran lain sekitar 800 ribuan. Pertanya saya jika saya ambil kpr rumah apa kah di acc atau tidak oleh bank tersebut ??

    • menurut analisa saya, kalau bpk ambil kpr lagi kemungkinan besar ditolak, karena rasio antara gaji dengan cicilan sudah tidak masuk karena bpk sudah punya angsuran lain.

      • Saya mau nanya apakah trun plafon bisa banding LG dengan bank…
        Padahal saya sudah tidak punya cicilan apapun?
        Kq bisa trun plapon…?
        apakah ini akal2an deplover?

        • biasanya bank punya hitung2an sendiri bu, dia sudah memperkirakan berapa maksimal cicilan yang sanggup ibu bayar. misal gaji 5jt mau ambil pinjaman 800jt ya sudah pasti tidak mungkin. pasti turun plafon. karena kemampuan bayar yang diakui bank banya 30% dari gaji.

  5. Hallo, saya doni. Pak Apakah benar ada peraturan DP o%? Bank mana saja yg menerapkan hal tersebut?

    Rencana saya akan ambil rumah seharga 750 juta, bilamana mengikuti peraturan saya diwajibkan untuk membayar 10% atau 20% dari harga rumah. Anggap saja saya membayar 10% dari harga rumah yaitu 75 juta Brti plafon saya yaitu 675 juta.

    Yg menjadi pertanyaan, bilamana saya mendapatkan kpr yg non dp, apakah 10% yg harus dibayarkan ke developer akan menjadi tanggung jawab pihak bank?

    Mohon balasannya pak/ibu, terima kasih.

    • yang saya tahu bukan bank yang menerapkan DP 0% pak, tapi developer yang punya promo DP 0%. Jadi bapak perlu tanya ke developer, biasanya ada promo dp 0% dari developernya.

    • Muhammad thaher

      Saya sudah booking rumah 1 juta,UM 8 jt,biaya proses 10jt ,totoal semua 39 jt,kurang 20 lagi u pelunasa. Dp.
      Harga jual rumah 168 jt
      Pinjaman dari bank 159jt
      Dengan cicilan. 1.262.106 (15th)
      Dapat info saya turun plafon ko bisa ,gaji saya 4.5oo.mohon penjelasan-y….

  6. Saya mengajukan kpr sistem flpp dgn dp 0% tp kenapa stlh sp3k keluar kt developer saya turun plafond dan hrus membayar dp 1 jt pdhl di ket sp3k tenor 20 tahun gaji 4jtaan dan tidak memiliki hutang apapun

    • Gaji suami 2,7 jt gaji saya 2,4 juta
      Dan harga perumahan yg saya ambil 150 juta, kira2 bisa turun plafon apa gak ya?

      • halo bu revianti, dengan gaji gabungan 5,1jt, menurut saya cukup. asalkan bpk/ibu tidak ada cicilan pinjaman lain, misalnya kredit motor, kredit mobil, kredit panci 🙂

        • Malam, mau tanya kalo saya mau kpr rmh subsidi 150jt’an
          Gaji saya 3,5jt dan tdk ada cicilan apa”, umur saya 25th
          Apakah ada kemungkinan turun plafon?

          • dengan gaji 3,5jt, menurut simulasi saya, bisa dapet pinjaman +/- 105jt (10thn) atau 125jt (15thn), nah kemungkinan kamu harus siapkan DP 25-45jtan lagi ya

  7. Saya mau ambil Kpr, harga rumah 310.000.000 DP 31.000.0000 ,Booking Fee 2.000.000 saya ambil tenor yang 15thn dengan angsuran 2.945.000.. pendapatan income gabungan saya dan suami sekitar 8.000.000 itu belum termasuk uang lembur .. yang mau saya tanyakan kiri2 kalo turun plafon tuh kisaran brp ya ? ,

  8. Pak saya mau tanya, suami lagi mengajukan kpr. status kerja outsourching, gaji 5jt perbulan. ada setoran motor 800rb. Apakah bisa di acc bank? Soalnya saya udah booking 1jt

    • halo bu irma, ini agak beresiko karena status bapak yang pegawai outsourching, biasanya bank hanya menerima status pegawai tetap

  9. Maaf mau tanya sya mau ambil rumah tpi takut nya kalau plafon turun DP tambah banyak

    Harga rumah 521jt
    DP 104jt
    Usia 28tahun
    Gaji 8.2jt

    Kira2 dengan ulasan yang saya berikan tersebut ,kpr yang mau saya ajukan terkenal penurunan plafon tidak ya ?

  10. Hallo izin bertanya, rencana nya sy mau ambil rumah yg dp 0% seharga 350jt tenor 15tahun. Nah gaji suami sy sekitar 5,5jt. Dan ketentuan nya kalau turun plafon ya harus bayar lagi. Kira2 brp yg harus dibayarkan?

    • halo bu endah, menurut hitungan saya, kalau gaji 5,5jt itu dapet pinjaman bank maksimal -/+ 150jt untuk 10 tahun atau 200jtan untuk 15 tahun masa pinjaman. kemungkinan ibu harus bayar DP ke developer sebesar 150-200jt

  11. saya nastain saya pernah beli rumah dengan brosur rincian
    harga Rumah 120 jt dengan maksimal kredit 108 jt
    rincian = (uang muka 12 jt, biaya proses 2,5 jt = 14.5 jt ) dan booking fee 1,5 jt

    yang saya tanyakan kok saya suruh nambah uang dp 2, 5 jt padahal saya sudah bayar dp sudah lunas? sebesar (uang muka 12 jt, biaya proses 2,5 jt = 14.5 jt )
    tetapi di SP3K BTN saya acc kredit 105.500.000 ? apakah itu akal akalan devoper atau emng betul harus penambahan dp yang harus dibayarkan ke developer.

    dan biaya proses itu rinciannya apa saja ya??/

    • halo pak nastain,

      jika di SP3K BTN bapak di approve sebesar 105.500.000,- dan harga rumah 120jt, maka DP yang harus dilunasi ke developer adalah sebesar 14,5 jt. (belum termasuk biaya proses KPR Bank untuk AKAD KREDIT.

      Dari cerita bapak, biaya proses KPR 2,5Jt sudah di bayar, kemudian Uang muka yang dobayar ke developer adalah 12jt + booking fee 1,5jt total 13,5jt. Nah dari hitungan saya diatas seharusnya bapak bayar DP ke developer adalah 14,5jt MAKA masih ada kekurangan bayar DP sebesar 1jt. Agak mengherankan kok disuruh nambah DP 2,5jt, seharusnya hanya 1jt. coba di klarifikasi kembali ke developernya pak.

      Biaya proses KPR itu biasanya adalah biaya untuk akad kredit bank, yang harus dibayarkan pada saat MAU Tanda tangan Perjanjian Kredit di bank. Disini agak aneh, mengapa? karena kok bisa bapak sudah bayar biaya proses diawal? seharusnya biaya akad kredit itu baru dapet rincian biayanya di SP3K BTN.

      Rinciannya biaya akad kredit biasanya: PROVISI BANK, ADMIN BANK, ASURANSI JIWA, ASURANSI KEBAKARAN, BIAYA NOTARIS, DLL.

      • Selamat pagi..saya mau tanya kemarin saya ambil perumahan komersil boking 3 JT dengan DP 0%..dengan harga jual rumah 285 JT gaji saya + istri ditotal hampir 12 JT dan ada angsuran mobil senilai 2,4 JT.tpi kenapa setelah pengajuan dan sp3k keluar plafon saya saya turun.bank cuman ACC Rp 151.700.000..saya di tlfn dari pihak developer suruh nglunasin mobil agar pinjaman saya di ACC full..pertanyaan saya masa dari total gaji segitu bank ragu untuk ACC full..alasan knp…bi cheking bagus semua.

  12. Selamat siang.. mau tanya nih pak.. saya sudah pengajuan kpr subsidi 2 minggu ke bank BTN.. blm ada hasilnya.. kira2 klo rumah yg kami ambil seharga 168 juta dan dp sampai akad 19 juta.. sedangkan usia suami saya 39 tahun gaji 4 juta dan tidak memiliki cicilan apa2, kira2 tetap bisa turun plafon juga ga ya pak ? Makasih

    • halo bu indah, gaji 4jt per bulan mnurut simulasi saya bisa dapet pinjaman sekitar 110jt (10thn) atau 150jt (1thn) dengan catatan tidak ada cicilan pinjaman lain

      • Achmad Rizal Ali

        Gaji saya 6jutaan dan tidak ada cicilan lain
        Harga rumah 300jt
        Dengan DP 20%
        Estimasi plafon untuk 15thn berapa ya

  13. Haloo selamat siang pak,
    Saya minta tolong untuk asumsi nya
    Saya dan suami berniat untuk mengajukan kpr
    Kami sama2 bekerja dan usia kami sama2 26th
    Gaji kami jika di total kurang lebih 8.5jt
    Harga rumah yg akan kami kpr kan 165jt perumahan komersil dgn bank syariah
    Kami booking 1jt dan sudah DP pada developer 7.5jt jd total 8.5jt sudah masuk pd developernya
    Untuk pertanyaan saya jika nanti pengajuan kpr pd pihak bank sekitar brp untuk penurunan plafon nya?
    Supaya tidak turun plafon terlalu banyak perlukah saya up gaji?
    Terima kasih sebelumnyaaa

    • halo bu ochi,
      menurut perhitungan saya, gaji 8,5jt bisa dapet pinjeman sekitar 240jtan untuk jk waktu 10thn. jadi sepertinya gaji gabungannya cukup. Apa tidak menunggu bulan Maret 2021 saja bu ochi? karna sekarang pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan DP 0% untuk pengajuan kredit. lumayan kan tuh

      • Mohon maap min. Tapi pada kenyataanny perumahan subsidi maupun non subsidi kok masih ada pembayaran DP ya?????? mohon penjelasannya

        • halo wiwia, perumahan subsidi atau bukan memang selalu mewajibkan konsumennya untuk melakukan pembayaran DP/ uang muka. Hal ini untuk mengikuti aturan bank yang mewajibkan pembayaran DP kepada developer minimal 10%. kalau ada program DP 0% itu hanya di beberapa developer tertentu saja yang sedang melakukan promo. pada umum nya semua developer pasti meminta DP. jangan dibandingkan juga dengan program pak gubernur jakarta yang DP 0% ya sis…. soalnya program itu gak jelas, sekarang lagi di sidik sama KPK tuh ada dugaan korupsi.

      • Saya mau tanya kalau harga rumah 390 JT dan laba bersih saya cuman 8 JT berapa turun plafonya

  14. Halo admin
    Penghasilan saya 9jt perbulan dan ada cicilan pinjaman perbulan 750ribu selama 4 tahun kedepan…..dan tidak ada cicilan lain…pertanyaan saya adalah :
    1. jika saya akan mengambil rumah dengan harga 650 juta apakah di approve oleh pihak bank untuk KPR ? jika di approve berapa perkiraan plafon yg di approve oleh pihak bank dan kemungkinan DP yg akan saya siapkan nanti.
    2. Dengan Info gaji saya diatas, kira kira di kisaran berapa harga rumah yg bisa saya ambil untuk KPR dengan menyesuaikan gaji dan hutang pinjaman seperti yg saya infokan diatas…..

    Mohon info nya ya kak terkait pertanyaan saya diatas….sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    • halo dede, asumsi gaji bersih saat ini 8jt berarti ya, kemungkinan bisa dapet pinjeman sekitar 320jt untuk jangka waktu 15tahun. jadi cari rumahnya yang di angka sekitaran itu ya… jangan lupa tambahkan DP dan biaya surat-surat juga

  15. Halo selamat malam, saya berencana akan membeli rumah KPR dengan harga 316jt dengan uang tanda jadi 3jt dan DP 13jt, masih single, dengan penghasilan sebulan 5.700.000 apakah kira2 akan turun plafon dan berapa besar kemungkinan pinjaman saya disetujui bank?

    • @korry, dengan gaji 5,7jt, kamu akan mendapat pinjaman +/- 200jt-210jt untuk jangka waktu 15 tahun. kemungkinan pinjaman kamu akan turun plafon sekitar 100jt.

  16. halo admin
    saya berencana ambil rumah kpr seharga 684.000.000. gaji saya +- 10 juta, tidak ada cicilan apapun dan untuk dp nya nanti 15% dari harga rumah. perumahan ini sedang mengadakan instan approval, kira2 dengan penjelasan saya ini apakah nantinya akan ada turun plafon?

    • @bu vio, sepertinya akan turun plafon kredit bu. gaji 10jt bisa mendapat pinjaman sekitar 400jtan untuk jangka waktu 15thn. kemungkinan DP rumah harus 200JTan

  17. Assalamu’alaikum ka.
    Izin bertanya.
    Saya ada pengajuan KPR. Gaji saya 5,5 dan ada cicilan motor 700 ribu.
    Kira kira ada kemungkinan di acc tidak ya? Untuk KPR rumah dgn harga 145 juta. Terima kasih..

  18. Halo admin, saya sedang ingin mengajukan KPR rumah dgn rincian sebagai berikut :
    Harga rumah : Rp. 259.000.000
    Booking fee : Rp. 1.000.000
    Rencana angsuran : 20 tahun (Rp. 2.102.262)
    Gaji per bulan : Rp. 4.500.000
    Cicilan lain : kurang lebih Rp. 1.600.000
    Apakah kira-kira akan di acc? Dan kalau di acc akan turun plafon sampai berapa ya?
    Terima kasih.

  19. Hallo ka saya kan berencana ambil kpr seharga 179dengan dp 6 juta all in one dan tidak memiliki cicilan apapun dengan gaji 4 juta perbulan apakah itu akan turun plafond juga ya

    • Selamat malam. Mau tanya ka, saya baru pertama kali mau KPR rumah dengan harga 380jt. Karena ada biaya proses bank sekitar 20jt maka biaya tsb dimasukkan ke dalam harga rumah, jadi harga rumah tsb 400jt. Selain itu saya booking fee 5jt tanpa ada DP. Gaji saya sekitar 6-7jt dan sudah kartap. Mohon bantu infonya apakah jika saya mengajukan ke bank akan turun plafon kreditnya?. Terimakasih

  20. Hallo admin, saya mau tanya
    saya ada rencana mau ambil KPR rumah dengan harga 600JUTA, cicilan 5 juta tenor 20 tahun
    Penghasilan saya dan suami sekitar 13 juta.an
    pertanyaannya kemungkinan turun plafonnya berapa persen dari harga rumah tersebut? terima kasih

  21. Hy admin mau tanya nih.. soal msalah turun plafond saya gaji 4,sekian jt.dgn harga jual rumah 168 jt. Kpr jadi 166 jt. Total biaya DP 19.5 jt. Dpat subsidi sebesar 4 jt dan dp yg harus saya bayar 15.5 jt..kira2 saya kena biaya turun plafond..

  22. Sya mau tanyak pak..harga rumah 148jt…DP + Boking 5jt..dan sya dapat subsidi 4jt dari pemerintah…dan di ACC BTN 144 jt.dari pihak devlop saya harus menambah dp 4jt karena turun plafon..
    Sya menanyakan subsidi yg dapat kemna..kenpa sya mesti menambah dp lagi…tolong di perjelas kan pak… terimakasih..apakah DP rumah tidak masuk dalam hitungan harga rumahnya…tolong di luruskan

  23. Maaf saya mau tanya kp admin…..
    1. Kira2 Plafon full ga ya?
    2. misal turun sekitar brp?

    – Harga rumah 315 juta
    – Sudah DP 45 juta
    – Gaji saya & istri total 7,75 juta
    – punya anak 1 = 2th
    – sudah cek BI Checking & Slik OJK
    cm tercatat ada shoppe pay later 200rbuan (sisa 5bulan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.