4-Tipe-cara-bayar-tagihan-kartu-kredit
4-Tipe-cara-bayar-tagihan-kartu-kredit

4 Tipe cara bayar tagihan kartu kredit

4 Tipe cara bayar tagihan kartu kredit.

Kartu kredit adalah kartu yang memberikan banyak kemudahan dalam hidup tapi juga bisa menyebabkan malapetaka, kalau kita tidak bisa mengelolanya dengan baik.

Pakai kartu kredit emang gampang. Kasih kartu, tanda tangan, selesai. Biar lagi nggak ada duit kita masih bisa beli barang apapun juga. Tapi sayangnya kita cenderung suka lupa kalau kartu kredit itu utang.

Orang bilang sih utang keren, karena tiap bulan kita dapat statement bulanan, transaksi tercatat rapi dan tanggal jatuh tempo pun, masih bisa mundur 14 hari.

Ada empat cara pembayaran kartu kredit:

  1. Bayar lunas. Sebenarnya bank kurang suka kalau nasabah bayar lunas, karena bank nggak dapat pemasukan bunga.
  2. Pembayaran minimal, 10 persen dari tagihan.
  3. Bayar lebih dari jumlah minimal, tapi nggak sampai lunas. Misalnya 20 persen.
  4. Nunggak bayar. Kalau lagi nggak punya duit, bisa nggak kita nunda bayar? Boleh! Walaupun kita harus bayar denda, dan bayar bunga yang lebih banyak lagi. Canggih bener yah kartu ini! Sudah kasih utang, bayarnya pun boleh mundur.

Nasabah tipe nomor dua, tiga, dan empat itu paling disukai oleh bank karena merekalah yang memberikan paling banyak pemasukan ke bank.

Jangan kaget, pas terima tagihan walaupun kita cuma pakai sedikit tapi bunganya mungkin besar sekali. Itulah kartu kredit, makin tunda bayar, makin besar pula bunga yang harus dibayar. Bank mengenakan perhitungan bunga berbunga dan itulah yang menyebabkan utang kita semakin besar jumlahnya.

Jadi, bijaklah didalam memakai kartu kredit, atau utang keren.

BACA JUGA:  Tips Memilik Bank Pemberi Kpr

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.