Rahasia Kpr Cepat Lunas

Membayar cicilan KPR dengan tenor belasan sampai puluhan tahun tentu akan terasa sangat lama, bahkan semacam terasa tidak ada ujungnya. Saat mencicil KPR, hatimu mungkin saja merasa tidak damai sebab berutang dalam jangka waktu panjang. Rasanya ingin sekali supaya KPR cepat lunas serta terbebas dari kewajiban “iuran bulanan” ke bank, ‘kan?

Keinginan itu tentu makin membumbung ketika di tengah masa cicilan.

Mungkin saja kamu mempunyai pemasukan tambahan, entah berkah gaji naik, mampu warisan, alias lainnya jadi mampu menyisihkan uang lebih.

Jangan khawatir, nyatanya ada lo tutorial untuk membikin KPR cepat lunas.

Mau tahu?

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Metode untuk Mempersiapkan Agar KPR Cepat Lunas

Sebelum mengeksekusi tutorial supaya KPR cepat lunas, kamu wajib melakukan berbagai persiapan finansial terlebih dulu, seperti:

1. Melakukan Review Budget

Setelah mendapat dana tambahan, review kembali pengeluaran serta kebutuhan lain.

Setelah semuanya ditentukan, baru deh hitung berapa dana yg mampu kamu sisihkan untuk membayar cicilan lebih untuk KPR.

2. Autodebet Tabungan Agar KPR Cepat Lunas

Supaya uang ekstra untuk membayar cicilan KPR itu tidak lari kemana-mana, lebih baik gunakan sistem autodebet.

Uang ini akan diambil dari tabunganmu untuk dimasukkan ke tabungan yg terbukti diperuntukkan untuk KPR.

3. Tabungankan Dana Lebih

Cara pertama yg mampu membantumu membikin KPR cepat lunas merupakan menabungkan dana yg berlebih ke bank tempatmu mengajukan KPR.

Sekarang ini, tidak sedikit kok bank penyalur KPR yg memperkenalkan subsidi bunga KPR apabila membuka rekening tabungan di sana.

Bukan hanya subsidi, bahkan ada juga yg memperkenalkan acara bunga KPR menjadi 0% apabila besar tabunganmu mencukupi.

BACA JUGA:  Beli Rumah dengan KPR – 7 Tips Untuk Mendapatkan Uang Muka KPR dengan Mudah dan Cepat.

Dengan bunga KPR yg lebih rendah, otomatis cicilan bulananmu akan lebih tidak sedikit digunakan untuk membayar cicilan pokok pinjaman, jadi KPR akan lebih cepat lunas.

4. Dana yg Harus Disiapkan

Sebenarnya melunasi KPR sebelum tenor selesai akan membikin bank kehilangan keuntungan dari pendapatan bunga pinjaman.

Itu sebabnya dikala kamu mau melunasi seluruh alias sebagaian hutangmu, bank akan mengenakan denda dengan besaran yg beragam, tergantung kebijakan dari bank itu sendiri.

Pada umumnya berkisar 1-3% dari besar pelunasan yg dilakukan.

Perbedaan besaran denda yg dibebankan dilihat dari dikala cicilan tersebut sedang dalam masa bunga fixed alias bunga floating.

Masa pemberian bunga fixed tidak jarang kali dijadikan masa promo, jadi pada masa ini keuntungan bank tetap sangat kecil.

Bank berharap memperoleh keuntungan lebih besar dikala memasuki masa bunga floating.

Jadi bila debitur melakukan pelunasan lebih cepat pada masa bunga fixed akan dikenakan denda yg lebih tinggi dibandingkan pada masa floating.

Misalkan masa bunga floating, denda pelunasan dipercepatnya itu 1% dari keseluruhan sisa pokok pinjaman.

Katakanlah sisa pokok pinjamannya Rp500 juta, jadi denda 1% yg akan dikenakan merupakan 5 juta.

Nominal yg debitur bayarkan kelak akan dikalkulasikan kembali kemudian ditambah dengan denda 1% dari Rp500 juta yaitu Rp5 juta.

5. Keuntungan Pelunasan Dipercepat

Ternyata kamu mampu ditawarkan kemungkinan dua pilihan dikala bank melakukan perhitungan ulang kepada sisa pokok pinjaman seusai pelunasan dipercepat.

Misal si peminjam sedang mencicil Rp5 juta per bulan serta masa sisa cicilan 24 bulan lagi. Bank biasanya akan menyampaikan dua pilihan untukmu.

Opsi pertama, memperkecil nominal dari cicilan per bulan yg artinya jumlah cicilanmu akan dikurangi menjadi tidak lebih dari Rp5 juta per bulan dengan masa sisa cicilan tetap 24 bulan.

BACA JUGA:  Pengajuan Kredit Saya Ditolak Oleh Bank Karena Repayment Capacity Tidak Mencukupi. Apa Itu Repayment Capacity?

Opsi kedua yaitu cicilan per bulan tetap Rp5 juta namun masa sisa cicilan menjadi lebih singkat, tidak lebih dari 24 bulan.

6. Memanfaatkan Take Over Agar KPR Cepat Lunas

Alihkan KPR dengan bunga fixed yg telah menjadi bunga floating ke bank lain.

Pada dikala akan memindahkan KPR, atur cicilan per bulan dengan jumlah yg telah kamu perhitungkan sesuai performa (nominal dari performa cicilan terdahulu ditambah dengan budget yg telah kamu lebihkan).

Dengan begitu, kamu mampu menyesuaikan jumlah nominal cicilan baru dengan bank serta juga tenor yg didapat menjadi lebih pendek dari tenor yg diberikan bank sebelumnya.

Selain itu kamu juga mampu menikmati tawaran bunga fixed selagi berbagai tahun dari bank yg baru sampai menikmati tawaran KPR Syariah yg mampu bikin bunga fixed jadi selamanya.

Begitu tidak sedikit jalan menuju rumah impian, begitu pula cara-cara untuk melunasinya tanpa membuatmu pusing tujuh keliling.

Semoga ulasan yg kami berbagi tadi mampu membantumu mengambil keputusan ya, sahabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.