Step by Step Cara Dapat BLT UMKM 1,2 Juta

Step by Step Cara Dapat BLT UMKM 1,2 Juta. BLT UMKM 2021 Rp1,2 juta  ialah bantuan sosial (Bansos) pemerintah melewati Kementerian Koperasi serta UKM (Kemenkop UKM) bagi pegiat UMKM pada masa pandemi.

Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap pelaku perjuangan mikro, kecil, serta menengah (UMKM) alias BLT UMKM 2021 Rp1,2 juta di bulan Maret 2021 kembali disalurkan pemerintah, sebab itu segera daftar di oss.go.id.

BLT UMKM 2021 senilai Rp1,2 juta yg cair pada Maret 2021 rencananya akan disalurkan terhadap 14 juta pelaku UMKM.

 

Sementara itu, syarat mendapat BLT UMKM 2021 Rp1,2 juta pada Maret 2021 ialah mempunyai Perizinan Berusaha Perseorangan (Skala Mikro serta Kecil).

Karena itu, BLT UMKM 2021 Rp1,2 juta bagi UMKM ialah perhatian pemerintahan Joko Widodo dalam acara Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

 

Dalam memenuhi syarat tersebut, pelaku UMKM wajib melakukan pendaftaran UMKM pada oss.go.id apabila ingin BLT UMKM 2021 Rp1,2 juta cair pada Maret 2021 serta pendaftarannya bisa dilakukan dengan cara online serta gratis.

Dihimpun KonsultasiKredit.Com dari halaman oss.go.id, berikut ini ialah tutorial daftar UMKM dengan cara online untuk mendapat BLT UMKM 2021 Rp1,2 juta pada Maret 2021.

 

Langkah-langkah Registrasi Akun OSS

  1. Buka link OSS v1.1 melewati (oss.go.id)
  2. Klik tombol Daftar/Masuk -> Daftar
  3. Lengkapi data dalam form registrasi -> isi captcha -> klik tombil Submit
  4. Buka email yg didaftarkan untuk aktivasi akun -> klik tombol aktivasi
  5. Buka email kembali untuk memperoleh username serta password yg dikirim oleh OSS
BACA JUGA:  Cara Hitung Bunga Kredit di Bank Syariah

 

Proses NIB serta izin usaha

  1. Pada formulir Data Profil, Kalian wajib melengkapi data/informasi yg tetap kosong. Kemudian klik tombol Simpan serta Lanjutkan.
  2. Pada formulir Data Usaha, klik tombol Tambah Usaha -> lengkapi data-data sesuai dengan formulir data perjuangan tersebut -> klik tombol Simpan. Kemudian klik tombol Selanjutnya. (Bila Kalian mempunyai lebih dari satu usaha, sebelum meng-klik tombol Selanjutnya, silahkan Kalian menambahkan perjuangan tersebut dengan kembali meng-klik tombol Tambah Usaha serta prosesnya sama semacam butir 4 tersebut bila sudah berakhir klik tombol Selanjutnya).
  1. Pada formulir Komitmen Prasarana Usaha, khusus untuk skala kecil Kalian bisa mengajukan permohonan Izin Lokasi serta Izin Lingkungan (bila dipersyaratkan) -> klik tombol Selanjutnya.
  2. Pada desain Draft NIB serta Izin Usaha, Kalian bisa menonton rangkuman data NIB serta Izin Usaha yg sudah diisi serta bisa melakukan preview draft NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan serta Izin Usaha -> beri tanda centang pada kotak disclaimer -> klik tombol Proses NIB.
  3. Pada desain Output NIB serta Izin Usaha, Kalian bisa menonton cetakan NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan, serta Izin Usaha. Kalian juga bisa mencetak Izin Usaha dalam format QR yg berisi data lebih detail melewati tombol Preview Izin Usaha QR.

 

Proses izin komersial/operasional

  1. Bila Kalian memperlukan Izin Komersial/Operasional, Kalian bisa memilih menu Permohonan -> IUMK -> Izin Komersial/Operasional.
  2. Arahkan kursor Kalian serta klik ke no NIB/Nama Kegiatan Usaha Kalian -> klik tombol Pilih NIB. Kemudian akan timbul daftar kegiatan perjuangan Kalian -> klik tombol Pilih Kegiatan Usaha.
  3. Pada desain formulir Izin Komersial/Operasional, Kalian bisa memilih Izin Komersial/Operasional yg Kalian perlukan sesuai dengan kegiatan perjuangan Kalian serta lengkapi data yg diperlukan. Klik tombol Lanjut serta Simpan.
  4. Pada desain Draft Izin Komersial/Operasional, klik tombol Preview Izin untuk menonton desain draft Izin Komersial/Operasional yg sudah Kalian pilih. Klik tombol Lanjut serta Simpan.
  5. Pada desain Output Izin Komersial/Operasional, klik tombol Preview Izin Komersial/Operasional yg sudah diterbitkan oleh OSS.
BACA JUGA:  Pendaftaran Gelombang 13 Kartu Prakerja Cuma Dibuka Sebentar. Segera Daftar! Ini Link Resminya

Persyaratan lainnya

Persyaratan lainnya yg wajib dipenuhi supaya BLT UMKM 2021 cair di bulan Maret 2021 ialah sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia
  • Punya Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Memiliki perjuangan mikro
  • Bukan PNS, TNI, Polri, pegawai BUMN alias BUMD
  • Tidak sedang mendapatkan kredit alias pembiayaan dari perbankan serta KUR
  • Bagi pelaku perjuangan mikro yg mempunyai KTP serta domisili perjuangan tidak sama bisa melampirkan Surat Keterangan Usaha alias SKU.

Jika kamu perlu panduan yang lebih jelas untuk mendaftar BLT UMKM silahkan klik link berikut: Panduan Detail Cara daftar BLT UMKM

4 comments

  1. saya belum dapat sma sekali

  2. sya gak pernah dapat sma sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published.