9.-5-Tempat-Pinjaman-Tanpa-Riba-Dan-Bunga
9.-5-Tempat-Pinjaman-Tanpa-Riba-Dan-Bunga

5 Tempat Pinjaman Tanpa Riba Dan Bunga

5 Tempat Pinjaman Tanpa Riba Dan Bunga. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mencari sebuah pinjaman tanpa adanya riba ataupun bunga. Mungkin anda adalah orang yang tepat ketika berada disini, karena pada saat ini kami akan menjelaskan tempat terbaik untuk anda yang ingin meminjam tanpa terjadinya riba dan bunga.

 

Pada umumnya untuk mencari sebuah tempat pinjaman tanpa riba dan bunga sangat mudah untuk ditemukan, apabila anda benar-benar paham dengan dunia keuangan. Disini anda akan menemukan 5 tempat pinjam tanpa riba dan bunga, berikut pembahasannya untuk anda.

 

  1. Perbankan Syariah

Untuk cara yang pertama anda dapat mencari sebuah bank yang termasuk pada golongan syariah. Dengan memanfaatkan bank syariah, hal ini berkemungkinan besar bahwa anda bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa harus terjadi riba ataupun bunga yang akan menimpa anda.

 

Bank syariah telah menggunakan suatu sistem kemitraan yang berbentuk membagikan hasil. Anda tak perlu takut dengan legalitas dari bank syariah, karena umumnya bank syariah merupakan bank yang halal serta lebih aman jika dibandingkan dengan bank ynag konvensional. Maka dari itu bank syariah wajib untuk dicobai oleh anda.

 

  1. Pegadaian Syariah

Selain perbankan syariah, anda juga bisa mengunjungi pegadaian syariah. Meskipun hal ini sama dengan anda menggadaikan barang-barang yang pada umumnya dengan tujuan untuk mendapatkan pinjaman uang. Namun, ada perbedaan yang jelas juga dari pegadaian secara konvensional maupun secara syariah.

 

Pegadaian syariah tidak akan meminta anda untuk memberikan keuntungan pada mereka yang seperti bunga. Akan tetapi berupa upah atas pemeliharaan dari barang yang telah digadaikan tersebut. Gadai syariah telah menggunakan akad rahn, hal ini diartikan sebagai tolong-menolong untuk sesama.

BACA JUGA:  Anda Ingin Top Up Pinjaman KPR? Baca dulu 4 syarat utama dalam mengajukan Top Up.

 

  1. Pinjaman Online

Kini perkembangan dari lembaga keuangan, baik bank ataupun non bank yang telah menyediakan pinjaman online yang bebas bunga berupa syariah. P2P (Peer To Peer) lending adalah salah satu contoh dalam bentuk syariah yang secara online. Hal ini bertujuan agar pemberi ataupun penerima pinjaman dapat dipertemukan.

 

Banyak peer-to-peer lending syariah telah berkembang di Indonesia, salah satunya adalah Qazwa.id dan beberapa jenis lainnya. Perlu diingatkan kalau pemberi pinjaman tidak akan mendapatkan keuntungan melalui bunga, disebabkan mereka hanya bisa mendapatkan keuntungan yang melalui biaya sewa dari jasa yang telah digunakannya.

 

  1. Kartu Kredit

Pada hal yang sebenarnya pinjaman tanpa bunga bisa kita dapatkan melalui kartu kredit biasa, asalkan anda mengembalikan pinjamannya yang belum jatuh tempo. Agar bisa menjadi lebih aman, maka sangat disarankan untuk anda agar menggunakan kartu kredit yang berjenis syariah.

 

Kartu kredit secara syariah telah dikembangkan di Indonesia mulai tahun 2006 yang lalu. Biasanya mereka menggunakan sistem iuran per anggota yang ingin meminjam uang agar bisa terhindar dari sistem riba. Anda harus tahu kalau besaran iuran tersebut hanya bergantung pada bank syariah yang telah mengeluarkan kartu kredit itu sendiri.

 

  1. Orang Terdekat

Untuk jalan alternatif agar terhindar dari sistem riba atau akan terjadinya bunga, maka anda dapat meminjam uang melalui orang terdekat anda. Keluarga atau teman dan rekan-rekan anda menjadi sebuah tempat yang paling tepat untuk mengajukan pinjaman berupa rupiah, karena merekalah yang mengerti dengan kondisi anda.

 

Memang pada umumnya uang yang akan dipinjamkan oleh mereka berupa uang terbatas, karena mereka juga adalah orang-orang yang biasa sama seperti kita. Namun, meskipun demikian anda masih bisa mendapatkan dana, tapi jangan lupa untuk mengembalikan sesuai deadline yang telah disepakati bersama.

BACA JUGA:  Apa Bedanya Kpr Dan Kpa?

2 comments

  1. Bisa tlg saya mau pijm 20 jt

Leave a Reply

Your email address will not be published.