Konsultasi Pembelian Rumah Seharga 420 juta dengan Penghasilan 4.5 juta

Nama*: hani merliana
Alamat*: jakarta
Email*: hani.merlia****@gmail.com
Nomor Telepon*: 081119990***
Informasi Pekerjaan/Pekerjaan*: Karyawan tetap masa kerja >2thn
Nama Perusahaan*: pt infomedia nusantara
Informasi Pendapatan/Pendapatan*: Karyawan – Gaji diterima transfer via bank
Nominal Gaji*: 4500000
Jenis Kredit/Mengenai*: Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
Keterangan*: Saya ingin membeli rumah seharga 420 juta.
Gaji bulanan saya sekitar 4,5 jt, tetapi saya punya usaha sampingan yang tiap bulannya -+ mendapatan 3 jt, jadi penghasilan perbulan -+ 7 jt.
Saya memiliki orang tua yang berpenghasilan dan Kakak Kandung yang Single dan berpenghasilan

Usia Saya 23 Th
Saat ini saya masih single.
Apabila saya ingin KPR rumah tsb bisa atau tidak?

Jawab:

Terima kasih kepada ibu Hani yang sudah menyempatkan waktunya untuk berkonsultasi kepada kami. Berdasarkan cerita ibu diatas dapat kami jelaskan beberapa hal, antara lain:
1. Penghasilan yang diakui oleh pihak bank kemungkinan hanya penghasilan dari gaji ibu sebagai karyawan (4.5jt), jika usaha sampingan ibu belum memiliki legalitas usaha berupa surat ijin usaha dll, maka kemungkinan penghasilan dari usaha sampingan ibu tidak dapat diakui.
2. Penghasilan dari orang tua dan kakak kandung juga tidak dapat digabung. sesuai ketentuang perbankan untuk gabungan penghasilan (joint income) hanya mungkin dilakukan oleh suami-istri tidak bisa digabung dengan orang tua atau kakak.
3. Sayang sekali ibu tidak menginformasikan perihal pinjaman lain-lain, apakah ada cicilan motor/mobil, kta, kartu kredit, atau lainnya. saya asumsikan ibu tidak mempunyai cicilan lain-lain, sehingga gaji bersih ibu adalah sebesar 4.5jt. Dengan penghasilan sebesar itu, kemungkinan pinjaman yang dapat diberikan oleh pihak bank adalah Rp.160.000.000,- selama 15thn dengan cicilan sebesar Rp. 1.800.000,-/bln asumsi bunga bank 10,5%.
berdasarkan data tersebut, jika ibu ingin membeli rumah seharga 420.000.000,-, maka Uang muka yang harus ibu siapkan adalah sebesar 260.000.000,- (belum termasuk biaya proses bank -/+ 4% dari pinjaman bank)
Demikian informasi yang dapat kami berikan. semoga dapat membantu Anda dalam menentukan rumah pilihan Anda.
Terima kasih.

Sanrio Telika

 

BACA JUGA:  Pengajuan Takeover KPR

Leave a Reply

Your email address will not be published.