Bantuan PIP 2021 Senilai Rp1 Juta Dibuka Kembali… Begini Cara Daftarnya! (SD, SMP, dan SMA)

Bantuan PIP 2021 Senilai Rp1 Juta Dibuka Kembali… Begini Cara Daftarnya! (SD, SMP, dan SMA). Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu bantuan tunai pendidikan untuk tingkat SD, SMP serta SMA sederajat alias anak sekolah di usia 6 hingga 21 tahun.

Kemendikbud yg telah membikin anggaran bantuannya telah sepakat dengan pemerintah untuk menjalankan kembali bantuan tunai pendidikan senila 1 juta rupiah melewati Program Indonesia Pintar (PIP). Adapun Cara daftar acara indonesia pintar (PIP) 2021 ini akan dijelaskan berikut ini.

Perlu para orangtua ketahui bahwa melewati acara ini pemerintah ingin para penerima bantuan PIP 2021 lebih tertarget yaitu anak sekolah usia 6 hingga 21 tahun alias tingkat pendidikan SD, SMP serta SMA Sederajat yg bersumber dari keluarga miskin, rentan miskin, yatim piatu, penyandang disabilitas serta juga keluarga korban bencana alam/musibah.

Selain itu, Anak dari keluarga yg mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta juga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) diinginkan untuk mendaftarkan anaknya sebagai penerima bantuan tunai pendidikan senila 1 juta rupiah melewati acara indonesia pintar (PIP).

Setiap jenjang pendidikan akan memperoleh dana bantuan pendidikan / bantuan PIP 2021 ini berbeda-beda nilainya sesuai dengan petuntuk pelaksanaan PIP Kemendikbud tahun 2016. Untuk detail pembagiannya merupakan sebagai berikut :

  1. Anak sekolah tingkat SD/MI/Paket A memperoleh Rp450.000/tahun.
  2. Anak sekolah tingkat SMP/MTs/Paket B memperoleh Rp750.000/tahun.
  3. Anak sekolah tingkat SMA/SMK/MA/Paket C memperoleh Rp1.000.000/tahun.

Cara Daftar Bantuan PIP 2021

 

  1. Dibawah ini merupakan tutorial daftar bantuan tunai pendidikan dari pemerintah melewati acara indonesia pintar PIP 2021 syarat-syarat yg wajib dipenuhi terlebih dahulu sebelum mendaftar acara bantuan ini :
  2. Siswa mampu mendaftar dengan mengangkat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang-orang tuanya yg terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ke sekolah alias lembaga pendidikan terdekat.
  3. Jika siswa tersebut tak mempunyai KKS, orang-orang tuanya mampu meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW serta Kelurahan/Desa terlebih dahulu supaya mampu melengkapi syarat pendaftaran.
    Jika telah mempunyai KKS alias SKTM, segera hubungi pihak sekolah alias lembaga pendidikan terdekat untuk melakukan pendaftaran.
  4. Nantinya, sekolah alias lembaga pendidikan terdekat akan menganjurkan nama peserta didik untuk menjadi calon penerima KIP ke direktorat terkait.
  5. Peserta didik juga mampu didampingi orangtuanya untuk mengurus membikin KIP, adapun tata caranya mampu dibaca pada postingan Cara Daftar Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  6. Para orangtua juga mampu memastikan status anaknya apakah telah terdaftar di bantuan tunai pendidikan Program indonesai pintar PIP 2021 dengan tutorial mengakses situs pip.kemdikbud.go.id serta dihalaman mutlak itu ada kolom Cari Penerima PIP. disitu ada 3 kolom yg wajib diisi yaitu NISN, tanggal, serta Nama Ibu Kandung. klik cari untuk memastikan status data anak anda.
BACA JUGA:  5 hal yang perlu diperhatikan jika ingin membeli rumah over kredit bawah tangan

 

Syarat Daftar Bantuan PIP 2021

Pihak keluarga/orangtua wajib memastikan bahwa anaknya yg sekolah telah terdaftar sebagai Peserta Program Indonesia Pintar wajib telah mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP).
Penerima KIP wajib terdaftar sebagai peserta didik di lembaga pendidikan formal (SD/SMP/SMA/SMK) ataupun non formal (PKBM/SKB/LKP).

KIP wajib terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan.

Perlu diketahui kembali bahwa acara bantun PIP 2021 ini merupakan tahap dari penyempurnaan acara bantuan pemerintah Bantuan Siswa Miskin (BSM) yg sebelumnya telah dijalankan. Melalui acara ini pemerintah ingin semua anak mampu semakin bersekolah serta juga diinginkan mampu luar biasa sswa putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikan di tingkatan yg sesuai.

Para penerima bantuan PIP 2021 ini diinginkan mampu memakai dana bantuan ini untuk keperluan sekolah semacam membeli perlengkapan belajar, uang saku, anggaran transportasi serta yg lainnya.

 

Baca Juga: Cara Cek dan Daftar BLT PIP Untuk Anak Sekolah Rp 1 Juta

21 comments

  1. Bantuan Kip

  2. Bantuan kip

  3. Pip

  4. Erna wati pattiekon

    Semoga dengan ini saya bisa mendapat kan bantuan kip

  5. saya juga mau bantuan dari pemerintah untuk menambah usah diwarung saya tolonglh bantu saya,

  6. Christen sondakh

    Semoga dpt

  7. Semoga saya mendapatkan bantuan

  8. Bantuan kip

  9. Bagaimana klo anak kita dapat pip tetapi pihak sekolah nya tidak mau mengurusi mya

  10. Saya ingin berjuang untuk pip

  11. Elok Nur Latifah

    SMK negeri 1

  12. Elok Nur Latifah

    SMK 1 negeri sukorejo

  13. Martiyen yen @gmailcom

  14. Muhammad risky arif pratama

    Sekolah dasar negeri 3 bendosari

Leave a Reply

Your email address will not be published.