Persiapan Hal Ini Sebelum Mengecat Dinding Rumah

Pengecatan ialah salah satu renovasi berskala kecil dan murah, melainkan berguna dan sanggup menunjukkan akibat yg signifikan kepada interior suatu rumah. Warna cat bisa mensugesti suasana dan tampilan interior ruangan dengan cara dramatis, tergantung pada mood apa yg kalian inginkan. Namun, ada berbagai faktor yg wajib kalian ketahui sebelum mengecat dinding yg akan memudahkan proses pengecatan kedepannya.

Persiapkan Ruangan Sebelum Proses Pengecatan Dimulai

Anda dianjurkan untuk membereskan dan merapikan ruangan sebelum mulai mengaplikasikan cat ke dinding. Jika kalian berencana mengecat ruang tamu, sebaiknya pindahkan perabot berkapasitas besar terlebih dahulu dan tutup dengan kain alias plastik. Selain itu, kosongkan ruangan sebisa mungkin, simpan barang-barang kecil ke dalam kardus alias pindahkan ke ruangan lain.

Meskipun tak dianggap terlalu penting, melainkan membersihkan dinding dari debu dan kotoran ialah langkah yg tak boleh diabaikan. Dinding yg bersih memungkinkan cat untuk menempel dengan baik. Oh ya, jangan lupa untuk menutup lantai dengan kertas surat kabar alias kain sebelum mulai mengecat.

Pemilihan Warna Cat Rumah Sesuai Dengan Kondisi Ruangan

Jika ruangan yg hendak dicat berkapasitas besar dan mempunyai langit-langit yg tinggi, kalian bisa bereksperimen dengan warna yg lebih gelap. Sebaliknya, untuk ruangan berkapasitas kecil, warna cat yg jelas semacam putih dan krem ialah opsi yg lebih cocok. Warna cat yg jelas bisa membikin ruangan tampak lebih luas dan tak sumpek.

Perkirakan Jumlah Cat Dinding Yang Diperlukan

Sebelum mengawali pengecatan, kalian butuh menghitung dan membeli jumlah cat sesuai dengan luas ruangan yg akan dicat. Untuk mengetahuinya, kalian bisa memakai kalkulator pengecatan ini.

BACA JUGA:  Asik..! Kuota Internet Gratis Dari Kemendikbud Cair Lagi Bulan Maret, April serta Mei 2021

Di samping itu, ada berbagai faktor yg mesti diketahui. Pertama, ukuran ruangan dalam m² (panjang x lebar). Kedua, berapa lapis coating yg kalian butuhkan. Jika kalian sudah mengaplikasikan primer sebelumnya, satu lapis cat mungkin cukup. Akan tetapi, apabila kalian tak memakai primer, mungkin kalian butuh mengaplikasikan dua lapis cat.

Pakai Primer/ Cat Dasar Sebelum Mengecat

Salah satu kesalahan paling umum ialah mengecat tanpa memakai cat dasar/ primer/ undercoat terlebih dahulu. Banyak orang-orang melalaikan pentingnya cat dasar dalam proses pengecatan demi menghemat biaya. Namun, persepsi ini tidaklah benar. Pengaplikasian cat dasar ini benar-benar penting guna membikin cat warna melekat lebih kuat dan tahan lama, dan menonjolkan cat warna yg dipilih.

Aplikasikan Kuas Sebelum Roller

Bagian-bagian rumah semacam ujung langit-langit, kurang lebih jendela, plafon, alias aspek yg sempit tak bisa dijangkau oleh roller. Oleh karena itu, mulai dengan memakai kuas dan warnai tahap yg sulit murah terlebih dahulu.

Setelah itu, lanjutkan dengan memakai roller untuk mewarnai bagian-bagian yg lebih terekspos. Gunakan roller dan kuas berkualitas supaya tak meninggalkan bulu di permukaan maupun di dalam kaleng cat. Ingat, roller and kuas berperan penting dalam menentukan yg akan terjadi akhir pada permukaan dinding yg dicat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.